Laboratorium

1. Education Lab.
Laboratorium ini digunakan untuk menunjang pembelajaran dan praktikum biologi dasar, struktur dan perkembangan tumbuhan maupun hewan serta kegiatan penelitian dasar lainnya.  Laboratorium dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain: Fume hood, stereo dan compound microscope, analytical balance, pH meter, digital loup, slide hewan maupun tumbuhan serta berbagai bahan kimia penunjang praktikum biologi dasar.

2. Genetic and Molecular Lab.
Laboratorium ini merupakan laboratorium unggulan yang dimiliki oleh Jurusan Biologi UIN Malang. Laboratorium difasilitasi dengan perangkat genetika molekuler antara lain: DNA Sequencer, PCR dan Real Time PCR, Deep Freezer, Ultra Centrifuge, microcentrifuge, UV-vis Spectrophotometer, Refrigator, Elisa Reader, Horizontal dan Vertical Electrophoresis serta peralatan pendukung lainnya. Lab ini juga melayani jasa identifikasi sampel DNA mikroba, tumbuhan, hewan maupun manusia (untuk tujuan medis maupun forensik).

3. Ecology and Natural Resources Lab.
Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana untuk penelitian ekologi perairan, terrestrial dan sumber daya alam lainnya. Perangkat tersebut meliputi berbagai alat ukur faktor lingkungan fisika kimia di ekosistem aquatik/terristrial, alat untuk mengumpulkan sampel biota (tumbuhan dan hewan), alat penunjang lainnya seperti GPS, oven, digital altimeter, photosynthesis dan traspirometer serta peralatan lainnya.

4. Plant  Physiology Lab.
Laboratorium ini menyimpan banyak koleksi hewan maupun tumbuhan dengan total koleksi yang mencapai lebih 1600 koleksi yang terdiri dari 788 invertebtrata, 255 vertebrata, 776 tumbuhan tinggi dan 45 tumbuhan rendah.

5. Animal Physiology Lab.
Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai macam perangkat untuk penelitian fisiologi hewan. Perangkat tersebut meliputi: Blood Analyzer (untuk mengukur > 20 item penyakit dalam darah), Microtom, Inverted Microscope dan lain-lain. Di samping untuk kegiatan pendidikan dan penelitian, laboratorium ini juga menerima analisis kadar gula darah, SGOT/SGPT, asam urat, kolesterol dalam darah dan lain-lain bagi masyarakat yang membutuhkan.

6. Microbiology Lab.
Laboratorium Mikrobiologi ini difasilitasi dengan peralatan kegiatan isolasi mikroba, perbanyakan sel, optimasi dan penggandaan skala reproduksi. Selain untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, laboratorium ini juga menerima jasa isolasi dan identifikasi mikroba bagi masyarakat yang membutuhkan.

7. Biochemistry Lab.
Laboratorium ini digunakan untuk kepentingan isolasi senyawa kimia penting yang terdapat dalam tumbuhan seperti metabolit primer dan sekunder

8. Plant Physiology & Tissue Culture Lab.
Laboratorium ini difasilitasi dengan peralatan untuk kegiatan kultur jaringan tumbuhan maupun hewan antara lain: Laminar Air Flow (LAF), CO2 Incubator, micropipet, autoclave, botol dan rak kultur, serta peralatan pendukung lainnya.

9. Optical Lab.
Laboratorium ini menyediakan berbagai macam mikroskop mulai dari mikroskop cahaya hingga mikroskop yang terkoneksi dengan komputer. Beberapa jenis mikroskop yang terkoneksi dengan komputer tersebut misalnya: inverted microscope (mikroskop flourescense), stereo microscope dan student insect collecting microscope

10. Green House
Green House ini disamping digunakan untuk kegiatan penelitian dan pendidikan juga digunakan untuk menampung koleksi tanaman khas lokal malang, berbagai macam jenis anggrek dan berbagai macam jenis tumbuhan langka.