Laboratorium

Guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan penelitian Jurusan Biologi Mempunyai beberapa fasilitas Laboratorium Diantaranya:

1. Education Lab.
Laboratorium ini digunakan untuk menunjang pembelajaran dan praktikum biologi dasar, struktur dan perkembangan tumbuhan maupun hewan serta kegiatan penelitian dasar lainnya.  Laboratorium dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain: ruang penyimpanan bahan kimia dan ruang penyimpanan alat gelas. di dalam laboratorium ini juga terdapat Fume Hood yang digunakan untuk menyimpan atau perlakuan bahan yang bersifat asam.

2. Genetic and Molecular Lab.
Laboratorium ini merupakan laboratorium unggulan yang dimiliki oleh Jurusan Biologi UIN Malang. Laboratorium difasilitasi dengan perangkat genetika molekuler antara lain: DNA Sequencer, PCR dan Real Time PCR, Deep Freezer, Ultra Centrifuge, microcentrifuge, UV-vis Spectrophotometer, Refrigator, Elisa Reader, Horizontal dan Vertical Electrophoresis serta peralatan pendukung lainnya. Lab ini juga melayani jasa identifikasi sampel DNA mikroba, tumbuhan, hewan maupun manusia (untuk tujuan medis maupun forensik).

3. Ecology and Natural Resources Lab.
Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana untuk penelitian ekologi perairan, terrestrial dan sumber daya alam lainnya. Perangkat tersebut meliputi berbagai alat ukur faktor lingkungan fisika kimia di ekosistem aquatik/terristrial, alat untuk mengumpulkan sampel biota (tumbuhan dan hewan), alat penunjang lainnya seperti GPS, oven, digital altimeter, photosynthesis dan traspirometer serta peralatan lainnya.

4. Plant  Physiology Lab.
Laboratorium ini merupakan sarana penunjang Praktikum dan Penelitian yang berkaitan dengan fisiologi tumbuhan. di dalam lab ini tersimpan  banyak koleksi  tumbuhan dengan total koleksi yang mencapai 776 tumbuhan tinggi dan 45 tumbuhan rendah.

5. Animal Physiology Lab.
Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai macam alat untuk penelitian fisiologi hewan. Perangkat tersebut meliputi: Blood Analyzer (untuk mengukur > 20 item penyakit dalam darah), Microtom, Mikroskop Binokuler Yazumi XSZ-107BN include computer dengan Kamera optilab Advance, Mikroskop binokuler Olympus CX 23 dan lain-lain. Di samping untuk kegiatan pendidikan dan penelitian serta diskusi mengenai riset yang telah dikerjakan. sebagai sarana penunjang pendidikan laboratorium ini juga menerima analisis kadar gula darah, SGOT/SGPT, asam urat, kolesterol dalam darah, pembuatan preparat dan lain-lain.

6. Animal Room Lab.

Laboratorium ini digunakan untuk perlakuan hewan percobaan. diantara hewan yang sering digunakan percobaan adalah Tikus (Rattus norvegicus) dan Mencit (Mus musculus). Percobaan dengan menggunakan Hewan bertujuan untuk menguji senyawa kimia yang berpotensi obat. Laboratorium ini menerima penelitian dari berbagai disiplin keilmuan misal : Kedokteran Hewan, Farmasi, Kimia, Biologi, Fisika, Perikanan dan peternakan. adapun penelitian yang sering dilakukan adalah perlakuan diabetes, luka sayat (insisi), Luka bakar, Kolestrol, radiasi sinar, radiasi gelombang, pengasapan dan lain-lain

7. Microbiology Lab.
Laboratorium Mikrobiologi ini difasilitasi dengan peralatan kegiatan isolasi mikroba, perbanyakan sel, optimasi dan penggandaan skala reproduksi. Selain untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, laboratorium ini juga menerima jasa isolasi dan identifikasi mikroba bagi masyarakat yang membutuhkan.

8. Biochemistry Lab.
Laboratorium ini digunakan untuk kepentingan isolasi senyawa kimia penting yang terdapat dalam tumbuhan seperti metabolit primer dan sekunder

9. Tissue Culture Lab.
Laboratorium ini merupakan tempat riset Dosen, mahasiswa dan peneliti yang berkaitan dengan perbanyakan sel secara invitro baik hewan maupun tumbuhan. laboratorium ini difasilitasi dengan peralatan untuk kegiatan kultur jaringan tumbuhan maupun hewan antara lain: Laminar Air Flow (LAF), CO2 Incubator, micropipet, autoclave, botol dan rak kultur, AC, Inverted MIkroskop serta peralatan pendukung lainnya.

10. Optical Lab.
Laboratorium ini menyediakan berbagai macam mikroskop mulai dari mikroskop cahaya hingga mikroskop yang terkoneksi dengan komputer. Beberapa jenis mikroskop yang terkoneksi dengan komputer tersebut misalnya: inverted microscope (mikroskop flourescense), stereo microscope dan student insect collecting microscope

11. Green House
Green House merupakan tempat yang digunakan untuk aklimatisasi tumbuhan yang telah dikoleksi oleh peneliti sebelum dilakukan perlakuan di laboratorium. di Green house terdapat alat yang menunjang kegiatan penelitian seperti cangkul, rak, sabit dan aliran air yang memadai. koleksi tanaman yang ada di grenhouse UIN Maliki Malang ini terdiri atas : Padi lokal, sorgum, jagung, asitaba, tin, delima dan tanaman lain yang dikoleksi untuk dikembangkan.